Posted by: asiaraindahpermata | March 25, 2010

ANALISIS FILM KARTUN : scooby doo

Scooby doo merupakan film animasi dari Amerika Serikat yang diproduksi untuk acara televisi. Film animasi ini telah diproduksi dalam beberapa versi yang berbeda dari tahun 1969 hingga sekarang.

Serial animasi Scooby-Doo diciptakan oleh Joe Ruby, Ken Spears sebagai penulis cerita  dan Iwao Takamoto sebagai perancang karakter. dan Hanna barbera merupakan produser film animasi yang menghasilkan banyak seri-seri lainnya yang berhubungan dengan Scooby-Doo, hingga dibeli oleh warner bros di tahun 1997. Warner Bros. ini kemudian meneruskan produksi serial animasi ini sejak saat itu.

Walaupun format acara dan tokoh-tokoh serial ini berbeda-beda semenjak diciptakan, versi serial TV Scooby-Doo yang paling terkenal adalah yang terdiri atas Scooby-Doo seekor anjing yang mampu berbicara dan empat orang remaja yaitu Fred “Freddie” Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville “Shaggy” Rogers.

Kelima tokoh ini secara resmi dikenal bersama sebagai “Mystery, Inc.” berkeliling dunia menggunakan sebuah mobil van yang dinamai “Mystery Machine”, dan memecahkan berbagai misteri yang berhubungan dengan hantu dan kekuatan gaib. Pada akhir tiap episodenya, kekuatan gaib itu ternyata memiliki suatu penjelasan yang masuk akal, biasanya mengenai rencana-rencana kriminal yang menggunakan kostum dan efek mekanis khusus dengan tujuan untuk menakut-nakuti atau mengalihkan perhatian. Pada versi-versi Scooby-Doo yang lebih baru disajikan variasi-variasi yang baru mengenai tema-tema kekuatan gaib, dan menampilkan beberapa tokoh baru seperti Scooby-Dum, sepupu Scooby-Doo, dan Scrappy-Doo, keponakan Scooby-Doo.

Film animasi yang satu ini cukup menarik apalagi untuk mereka yang tertarik dengan dunia detektif dalam memecahkan masalah khususnya yang berhubungan dengan hantu. tokoh velma seorang gadis yang cantik dan pintar dilengkapi dengan aksi konyolnya shaggy dan Scooby membuat film kartun dengan tema hantu ini sama sekali tidak menakutkan, sehingga tokoh-tokoh ini tetap dikenal oleh masyarakat luas dengan berbagai usia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: